Marwa Al-Sharbini, Syahidah yg Memperjuangkan Jilbab. Refleksi Hari jilbab Internasional


Siapa yg tidak mengenal Michael Jakson, Justin Fiber, Jeet Lee dan setumpuk nama-nama lain yg sering di idolakan orang-orang Indonesia, bahkan nama-nama tersebut sering disambut histeris kehadirannya,meskipun diantara nama-nama tersebut sudah tinggal pusarany, sebut saja Michael Jackson yang kehidupannya sarat dengan glamoritas, dan sebagainya, tidak sedikit masih banyak penggemar yang terus memujanya, memperingati hari kematiannya, dan lain sebagainya. Sungguh lucu, masih banyak orang yang mengagumi prilaku orang lain yang sama sekali belum tentu prilaku tersebut terpuji menurut etika dan belum tentu menjadi “karya” jika dipandang dari kecamata “perjuangan”..Siapa yang keliru mereka yang dilihat atau mereka yang melihat? Berbeda dengan ketika munculnya sebuah peristiwa besar yang telah merenggut hak-hak keyakinan dan hak-hak hidup seseorang, Syahidnya Marwa El-Sherbini, ibu dari 3 orang anak yg juga sedang mengandung ini dibunuh dengan sadis oleh pemuda jerman keturunan Rusia pada Rabu (1/7) di ruang sidang gedung pengadilan kota Dresden, Jerman. Saat itu, Marwa akan memberikan kesaksian dalam kasus penghinaan yang dialaminya hanya karena ia mengenakan jilbab.Belum sempat memberikan kesaksiannya, pemuda Jerman itu menyerang Marwa dan menusuk ibu satu orang anak itu sebanyak 18 kali. Suami Marwa berusaha melindungi isterinya yang sedang hamil tiga bulan itu, tapi ia juga mengalami luka-luka dan harus dirawat di rumah sakit.. Sherbini syahid untuk mempertahankan hak-nya, dan apakah sebagian kaum muslimin kita akan melupakan peristiwa tersebut? cerita tentang Marwa mulai menyebar dan mengguncang komunitas Muslim di berbagai Negara. cerita tentang Marwa mulai menyebar dan mengguncang komunitas Muslim di berbagai Negara. Ketua Assembly for the Protection of Hijab, Abeer Pharaon lewat situs Islamonline. Abeer mengatakan, Marwa Al-Sharbini adalah seorang martir bagi perjuangan muslimah yang mempertahankan jilbabnya. "Ia menjadi korban Islamofobia, yang masih dialami banyak Muslim di Eropa. Kematian Marwa layak untuk diperingati dan dijadikan sebagai Hari Hijad Sedunia," seruan Abeer disambut oleh sejumlah pemuka Muslim dunia antara lain Rawa Al-Abed dari Federation of Islamic Organizations di Eropa. "Kami mendukung usulan ini. Kami juga menyerukan agar digelar lebih banyak lagi kampanye untuk meningkatkan kesadaran tentang hak-hak muslimah di Eropa, termasuk hak mengenakan jilbab,"

Kasus Marwa Al-Sharbini menjadi bukti bahwa Islamofobia masih sangat kuat di Barat dan sudah banyak Muslim yang menjadi korban, di Indonesia sendiri semangat penolakan terhadap jilbab juga tidak pernah padam, ini terasakan disaat jaman orde baru sampai hari ini, faktanya masih banyak lembaga-lembaga pendidikan formal yg melarang siswa perempuan berjilbab atau menggunakan pas foto dengan tampilan tanpa jilbab, tempat-tempat kerja yang hanya menerima pekerja wanita tanpa jilbab, fakta-fakta tersebut sangat memprihatinkan sekaligus menoreh luka bagi para wanita muslimah khususnya di Indonesia.



Dr. Marwa El-Sherbini, seharusnya mengingatkan kita pada mahalnya sebuah perjuangan mempertahankan hak dan syari’at agama, mencoba mengenal semasa hidupnya tidaklah terlalu berlebihan sebab dapat menjadi sebuah washilah untuk memahami islam, memperjuangkan dan mempertahankannya. Di bulan September ini mari kita bangkitkan semangat juang kita untuk mempertahankan hak-hak muslimah serta menyadarkan kaum muslimah untuk lebih mampu mengamalkan wajibnya menutup aurat dengan Jilbab.
Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan hijab keseluruh tubuh mereka.”
Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal,
karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Surat Al-Ahzab ayat 59 (33:59)

1 Response to "Marwa Al-Sharbini, Syahidah yg Memperjuangkan Jilbab. Refleksi Hari jilbab Internasional"

  1. An says:

    Artikel yang sangat menarik :)
    saya sharing di blog, yaaa :)

Posting Komentar

Silahkan poskan komentar anda disini. Jangan lupa Like